SEO Online Terpercaya

SEO Online Terpercaya merupakan expresi diri dalam mencari bisnis online melalui SEO ataupun bisnis online serta berita terpenting

Resep Roti Tawar

Roti tawar selain bisa di dapat dengan mudah di supermarket atau toko roti, roti tawar juga bisa dibuat sendiri. Roti tawar buatan sendiri tentu lebih sehat karena tanpa bahan pengawet dan bisa di buat sesuai kebutuhan keluarga. Resep roti tawar hampir sama dengan membuat roti manis. Proses pembuatan mudah dan tidak memerlukan banyak bahan.

 

Roti tawar buatan sendiri memang tidak seawet membeli dari pasar swalayan atau toko roti. Namun karena roti buatan sendiri, roti lebih sehat tidak menggunakan bahan pengawet. Bahan dan cara membuat roti tawar :

f:id:Ginekologi:20161121165808j:plain

Bahan Resep Roti Tawar :

  • 500 gram tepung terigu
  • 30 gram gula pasir
  • 350 ml air dingin / es
  • 1 ½ sdt ragi instan
  • 30 gram susu bubuk
  • 50 gram mentega putih
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Roti Tawar :

  1. Siapkan wadah dan campurkan adonan tepung terigu, gula, susu dan ragi instan, aduk rata semua bahan adonan.
  2. Tambahkan air es sedikit demi sedikit, lanjutkan menguleni adonan sampai adonan kalis. Selanjutnya diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Setelah mengembang, kempiskan adonan lalu bagi menjadi 190 gram masing-masing adonan dan bulatkan lalu diamkan selam 10 menit hingga adonan mengembang.
  4. Adonan yang sudah mengembang digiling sampai tipis dan memanjang lalu gulung sambil dipadatkan, lakukan proses ini berulang ulang sampai adonan kalis.
  5. Ambil loyang lalu olesi dengan mentega dan diberi alas kertas roti. Letakan adonan di atas loyang dan kembali diamkan 30 menit.
  6. Selanjutnya panggang adonan ke dalam oven dengan suhu 190 ºC, setelah adonan kecoklatan roti siap diangkat.

Membuat roti tawar sendiri memang sedikit merepotkan untuk keluarga kecil, namun membuat roti tawar sendiri lebih sehat dan higienis, untuk variasi roti tawar bisa menambah parutan keju yang di cincang halus atau taburan kismis sehingga roti tidak terlalu hambar. Buat variasi resep roti tawar sesuai selera anda sehingga anggota keluarga bersemangat mencobanya.

Resep Lainnya : Resep Roti Goreng Isi Coklat